Pengertian Dasar Statistika, Datum, Data, Populasi dan Sampel ֍ Alcygo

Pengertian Dasar Statistika, Datum, Data, Populasi dan Sampel

A. Pengertian Dasar Statistika
Apabila Berkunjung ke Kantor atau Instansi, baik instansi pemerintah maupun Swasta kita akan kita aan menjumpai data mengenai kondisi lingkungan Instansi tersebut. Gambaran dari kondisi Intansi yang disajikan dalam bentuk sederhana merupakan bagian dari statistika. Sebelum membahas lebih lanjut tentang statistika, ada beberapa Istilah yang harus di pahami.


1.) Datum, Data, dan statistika
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan keterangan-keterangan dari suatu kejadian atau objek baik yang berupa angka , simbol atau sifat sebelum mengambil keputusan.
Kumpulan keterangan-keterangan dalam hal ini disebut data, sedangkan masing-masing keterangan disebut datum. Jadi, data adalah bentuk Jamak dari Datum. Berdasarkan jenisnya data dikelompokkan menjadi 2, yaitu:

a. Data Kuantitatif, bila data yang dikumpulkan berupa bilangan atau angka. Data kuantitatif di peroleh dengan cara menghitung mengukur. Misalnya, data nilai ulangan Matematika  Siswa Kelas XII.
b. Data kuantitatif, bila data yang ada bukan berupa bilangan tetapi berupa sifat-sifat atau gambaran kualitas dari suatu objek. Misalnya data bidang studi favorit siswa kelas XII.
Data kumpulan keterangan-keterangan yang berupa angka atau bilangan, ada ukuran-ukuran ini disebut statistik. Sedangkan ilmu yang mempelajari cara atau metode pengumpulan data, penyajian data, pengolah data sampai dengan penarikan kesimpulan disebut statistika.

Berdasarkan kebutuhan terhadap pengolahan data, statistik di bagi menjadi dua bagian, yaitu:
1. Statistik deskriptif, yaitu segala informasi yang bisa menggambarkan data yang di peroleh.
2. Statistik Inferensi, yaitu statistik yang di peroleh. Ada dan di gunakan untuk menarik kesimpulan tentang populasi objek yang lebih besar.

2.) Populasi dan Sampel
pada proses pengumpulan data di butuhkan objek yang sesuai dengan keterangan yang akan di kumpulkan. Misalkan ingin di ketahui pendapat pelajar SMK di DKI Jakarta mengenai keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bekerja, atau mengikuti kursus-kursus keahlian setelah lulus sekolah. Untuk itu, dilakukan jajak pendapat dengan para pelajar SMK yang berdomisili di DKI Jakarta. Pelajar SMK yang berdomisili di DKI Jakarta dlam masalah ini di sebut populasi. Namun demikian dalam pelaksanaannya cukup diambil beberapa pelajar SMK di DKI Jakarta yang mewakili dalam jajak pendapat ini disebut sampel.
https://en.wikipedia.org/wiki/Statistics

https://id.wikipedia.org/wiki/Statistika

0 komentar:

Post a Comment

Komentarnya yang sopan yah!!